Info Terbaru
recent

Ada 8 Macam Tempura yang Wajib Kamu Tahu! Semuanya Enak lho

IDNPortal.com - Jika berlibur ke Jepang maka tempura bukanlah hal asing yang bakal anda temui ketika berburu kuliner disana. Sebab olahan makanan ini telah poipuler sejak abad ke-16 saat dibawa oleh Portugis ketika berlabuh di Nagasaki.
Macam-macam tempura (sumber)
Sangking populernya tempura di negara ini sering dijadikan toping (atasan makanan) untuk rice bowl, mie soba atau udon yang terkenal berkuah dan penuh irisan daging. Uh...pastinya enak banget tuh. Namun tahu nggak temen-temen kalau tempura ada 8 macam dan kalian wajib tahu lho.

1. Tempura dari udang dinamakan Ebi (え び)
Jenis ini paling sering ditemukan di Jepang dan mungkin kalian sendiri pernah membuatnya di rumah. Rasanya sudah pasti nendang banget apalagi kalau masih hangat...slurpppp

2. Tempura dari ikan dinamakan Sakana ()
Jenis ikan yang sering digunakan biasanya kecil dan bertubuh sedikit ramping seperti sweetfish, ikan teri, ikan goby, ikan Japanese Whiting dan lain-lain

3. Tempura dari terong dinamakan Nasu (な す)
Bentuk irisan terong sebelum digoreng bermacam-macam. Ada yang diiris bulat, diiris memanjang, dibuat jadi kipas atau hanya dipotong setengah. Kalau di Indonesia, nasu telah populer bersama lalapan jika berkunjung ke Jawa Timur.

4. Tempura dari jamur dinamakan Kinoko (き の こ)
Semua jenis jamur asal tidak beracun bisa digunakan untuk tempura. Kalau yang paling sering digunakan itu jamur shiitake dan maitake.

5. Tempura dari labu dinamakan Kabocha (か ぼ ち ゃ)
Labu yang digunakan biasanya adalah labu yang luarnya berwarna hijau dan dalamnya berwarna orange atau jingga. Labu tersebut dipotong tipis dan digoreng bersama tepung dalam minyak panas. Saat dimakan kabocha terasa manis dan kriuk di mulut.

6. Tempura dari ubi jalar dinamakan Satsumaimo (さ つ ま い も)
Ubi jalar yang digunakan adalah ubi yang kulit luarnya berwarna ungu dan bagian dalamnya berwarna kuning. Sebelum digoreng ubi jalar dipotong tipis-tipis bersama kulitnya dan dibaluri dengan tepung. Soal rasa satsumaimo terkenal manis.

7. Tempura dari daun perilia dinamakan Shiso (し そ)
Biasanya tempura jenis ini disajikan bersama dengan sashimi atau campuran tempura lainnya. Saat dimakan Sisho akan terasa minti-nya.

8. Tempura dari campuran sayur dan seafood dinamakan Kakiage (か き 揚 げ)
Jenis yang teakhir ini mungkin kalo di Indonesia kaya weci atau ote-ote. Hanya saja bedanya sayur yang digunakan sudah berupa sari dan bentuknya setelah digoreng tidak bantet penuh minyak....hehehe

Selain itu tempura ada juga yang dibuat dari asparagus dan bayi kepiting. Untuk bisa menikmatinya teman-teman bisa datang langsung ke resto khas Jepang atau buat sendiri di rumah. Gimana cara buatnya? Yuk, langsung ajak ke link: Resep membuat tempura gurih dan enak. Selamat mencoba yah.
Diberdayakan oleh Blogger.