Info Terbaru
recent

4 Alasan Kenapa Ayam Broiler Berbahaya Untuk Anda Konsumsi

bahaya serius mengkonsumsi daging ayam boiler atau ayam ras pedaging bagi kesehatan manusia, ayam potong tidak baik bila dikonsumsi terus-menerus
IDNPortal.com - Daging ayam memang enak dikonsumsi bila sudah bercampur dengan bumbu masakan, sehingga tidak mengherankan kalau permintaan pasar terhadap daging yang satu ini sangatlah banyak. Di pasaran sendiri daging ayam yang dijual ada dua jenis yang sering dijumpai. Pertama daging ayam kampung dan yang kedua daging ayam boiler.
alasan kenapa ayam broiler berbahaya buat kesehatan manusia
Ayam boiler (sumber)
Kalau daging ayam kampung dihasilkan dari peternakan ayam tanpa menggunakan bahan kimia alias organik, sedangkan daging ayam boiler dihasilkan dari peternakan ayam yang cara pengembangbiakannya dilakukan secara masal demi memenuhi kebutuhan pasar. Jadi tidak heran kalau banyak masyarakat berpedapat bahwa ayam boiler sangat tidak bagus untuk kesehatan.

Berdasarkan sebuah penelitian yang kami lansir dari Boldsky ternyata daging ayam boiler memiliki fakta yang cukup mengagetkan dan wajib anda ketahui, berikut informasinya dibawah ini.

1. Daging ayam boiler ternyata diberi suntikan pengemuk dan hormon berbahan kimia
Bayangkan hanya dalam waktu tiga (3) bulan sejak menetas ayam boiler sudah bisa dijual untuk dikonsumsi. Percepatan tersebut tidak lepas dari suntikan pengemuk dan hormon yang diberikan pada ayam. Sehingga bisa dibayangkan apa yang terjadi kalau bahan kimia tersebut sampai masuk ke dalam tubuh anda.

2. Mengkonsumsi daging ayam boiler bisa meningkatkan resiko terkena kanker dan kolesterol
Bila anda cermati daging ayam boiler jauh lebih berlemak bila dibandingkan dengan ayam kampung. Bila hal itu terus anda konsumsi maka tubuh anda akan riskan terkena kanker dan meningkatkan kolesterol jahat menumpuk pada pembulu darah anda.

3. Daging ayam boiler mengandung bakteri yang bisa mengakibatkan keracunan
Para peneliti menemukan bahwa 67 persen daging ayam boiler mengandung bakteri E-coli yang bisa meracuni tubuh. Hal ini makin bertambah parah bila tempat pemotongan ayam sangat tidak higienis. Daging ayam bakal terkontaminasi dengan ratusan bakteri serta kuman penyebab penyakit berbahaya. 

4. Saat diternak ayam boiler juga diberikan antibiotik
Untuk mengurangi resiko kematian, para peternak juga memberikan antibiotik pada ayam boiler. Akibatnya tubuh manusia menjadi resisten terhadap suatu jenis antibiotik tertentu. Kalau ini sudah terjadi maka virus atau bakteri penyebab penyakit susah dimusnahkan.

Itulah alasan kenapa ayam boiler atau ayam ras pedaging tidak baik dikonsumsi terus-menerus oleh manusia. Kalaupun anda terpaksa dan tidak punya pilihan lain selain membeli daging ayam boiler, pastikan daging ayam boiler yang anda masak sudah dicuci degnan bersih dan masak hingga benar-benar matang. Alat pemotong seperti pisau pun harus anda cuci bersih sebelum dipakai untuk memotong sayur atau buah. Semoga bermanfaat.
Diberdayakan oleh Blogger.