Info Terbaru
recent

8 Makanan yang Bisa Menyebabkan Gigi Keropos

penyebab gigi kropos, makanan yang harus dihindari agar gigi tetap kuat
IDNportal.com - Siapa sih yang mau bila gigi yang anda miliki ternyata mengalami kerusakan seperi bolong atau ompong. Selain menurunkan sisi penampilan, kondisi ini juga membuat anda merasa canggung untuk tersenyum atau tertawa lepas. Takut kalau ada bau tidak sedap keluar dari mulut atau malah kelihatan ompong sama orang lain.
8-makanan-yang-bisa-menyebabkan-gigi-keropos
Gigi keropos [image source]
Padahal gigi yang ompong atau bolong berawal dari kerusakan kecil. Kerusakan tersebut bisa karena keropos atau retak pada bagian permukaan gigi. Faktor penyebabnya pun bermacam-macam termasuk makanan, berikut 8 jenis makanan dibawah ini yang bisa merusak kekuatan gigi anda.

1. Permen
Dari kecil kita sudah diberi-tahu bahwa permen yang dibuat dengan pemanis buatan dapat menyebabkan gigi keropos. Tekstur permen yang keras saat digigit juga bisa membuat gigi mudah patah dan retak.

2. Minuman beralkohol
Terlalu sering mengkonsumsi minuman beralkohol dapat menyebabkan produksi air liur berkurang sehingga menyebabkan gigi keropos dan berlubang. Selain itu para pecandu alkohol juga rentan terkena kanker mulut.

3.Jus buah dan minuman bersoda
Kedua jenis minuman ini bersifat asam dan membuat gigi rentan terkena plak. Bila terus dibiarkan dan tidak dibersihkan maka gigi akan sangat mudah keropos karna serangan bakteri yang bersarang di karang gigi.

4. Teh dan kopi
Kedua minuman ini dari segi kesehatan memiliki manfaat yang sangat baik apabila tidak dikonsumsi secara berlebihan dan tanpa gula. Penggunaan gula hanya akan membuat gigi mudah keropos. Sedangkan bila terlalu sering dikonsumsi bisa membuat plak pada gigi.

5. Stroberi, lemon dan jeruk nipis
Selain rasanya yang asam, ketiga buah ini mengandung fruktosa dan vitamun c yang cukup tinggi. Namun sayangnya bila terlalu sering dikonsumsi ketiga buah ini bisa membuat enamel gigi anda menjadi lunak dan berakhir dengan karies alias gigi berlubang.

6. Makanan ringan
Snack atau makanan ringan juga bisa membuat gigi anda keropos. Penyebab utamanya adalah sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi.

7. Es batu
Kebiasaan anda mengunyah es batu bisa membuat gigi anda retak dan juga hipersensitif. Jangan heran bila suatu nanti gigi anda patah saat mengunyah makanan terutama daging atau buah.

8. Makanan manis yang lengket
Makanan yang lengket dan manis menjadi faktor yang cukup besar untuk membuat gigi anda keropos. Camilan buah kering merupakan salah satu contoh makanan manis serta mudah lengket pada gigi.

Itulah 8 makanan yang bisa membuat gigi anda dengan mudah keropos atau bahkan berlubang. Pastikan untuk berkumur dengan air putih dan menyikat sela-sela gigi dengan bersih saat menikmati makanan dan minuman tersebut. Semoga bermanfaat.
Diberdayakan oleh Blogger.