Info Terbaru
recent

Suka Mendaki? Inilah 8 Gunung Terangker di Indonesia

IDNPortal.com - Jalan licin, berliku dan terjal sepertinya sudah menjadi hal biasa bagi para pendaki gunung. Belum lagi dengan kondisi ekstrim yang selalu datang setiap saat, seperti kabut atau hujan deras di tengah perjalanan.

Oleh karena itu, kondisi fisik dan mental harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya agar tahan uji ketika mencoba olahraga sekaligus hobi menantang yang satu ini.

Gunung Angker
Ngomong-ngomong soal gunung, kita sudah paham bahwa tempat tersebut merupakan habitat bagi binatang liar bahkan tak jarang ada kisah mistis yang terselip di dalamnya. Semua gunung di Indonesia memiliki cerita seramnya sendiri. Namun di antara semua kisah mistis tersebut, 8 gunung ini yang paling seram dari semuanya. Setuju atau tidak mari kita cek sama-sama.

1. Gunung Salak
Lokasi gunung ini berada di Jawa Barat dan memiliki dua puncak. Yang paling tinggi ketinggiannya mencapai 2.211 mdpl. Namun gunung ini memiliki sejarah kelam dalam dunia penerbangan. Sedikitnya sudah ada 7 pesawat yang sudah menjadi korban ketika melintasi di atasnya. Salah satu pesawat canggih yang menjadi korban adalah Sukhoi Superjet 100 pada tahun 2012.

suka-mendaki-inilah-8-gunung-terangker-di-Indonesia
Sumber gambar: kebalbacok.com
Para pendaki yang masuk ke area Gunung Salak dihimbau agar selalu menjaga perilaku kalau tidak mau melihat penampakan mahluk halus dan suara-suara tak berwujud. Di puncak gunung, suasana mistis makin terasa kental sebab terdapat makam Mbah Gunung Salak. Sebagian isi peringatan yang tertulis di makam mbah tersebut melarang perempuan untuk mendekat.

2. Gunung Halimun
Letaknya diselah timur Gunung Salak dan menjadi perbatasan antara Kab. Bogor, Lebak dan Sukabumi. Ketinggian gunung ini mencapai 1.925 mdpl. Kesan mistis gunung ini tidak kalah seram dari Gunung Salak.

suka-mendaki-inilah-8-gunung-terangker-di-Indonesia
Sumber: apakabardunia.com
Ada yang mengatakan bahwa di sekitar Gunung Halimun terdapat benteng tak kasat mata milik Prabu Siliwangi dan dijaga oleh ratusan harimau gaib. Itulah sebabnya gunung ini erat kaitannya dengan kehancuran kerajaan Siliwangi yang diserang oleh kesultanan Banten. Bahkan ada suatu daerah sakral di bagian gunung yang tidak boleh diinjak karena dapat mencabut nyawa.

3. Gunung Ciremai
Masih di Jawa Barat, Gunung Ciremai memiliki ketinggian 3.078 mdpl. Salah satu daya tarik gunung ini adalah pemandangannya yang super indah ketika matahari terbit.

suka-mendaki-inilah-8-gunung-terangker-di-Indonesia
Sumber gambar: hotelvilla.com
Sisi mistis gunung ini adalah penampakan pocong, kuntilanak dan beragam mahkluk halus lainnya. Bagi yang mau naik Gunung Ciremai sebaiknya singgah dulu di rumah warga ketika akan magrib dan jangan lupa berdoa agar diberi keselamatan oleh Yang Maha Kuasa.

4. Gunung Merapi
Bagi masyarakat Jawa Tengah dan Yogyakarta pasti sudah tidak asing dengan kisah mistis yang erat kaitannya dengan Gunung Merapi.

suka-mendaki-inilah-8-gunung-terangker-di-Indonesia
Sumber gambar: tempatwisataterbaik.com

Banyak warga yang percaya bahwa gunung ini merupakan tempat tinggal makhluk halus. Sampai-sampai ada sebuah legenda tentang desa gaib yang bisa dimasuki oleh manusia. Bagi yang tidak sengaja masuk dilarang untuk berbuat keonaran atau memakan sesuatu yang ditawarkan di desa tersebut. Melanggar berarti anda bersedia untuk tidak kembali ke dunia manusia.

5. Gunung Lawu
Lokasinya terletak di perbatasan provinsi antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bagi para pendaki, gunung ini merupakan salah satu spot yang menarik untuk ditaklukkan.
suka-mendaki-inilah-8-gunung-terangker-di-Indonesia
Sumber gambar: penabiru.com
Dari banyak pendaki yang pernah naik, mereka pernah mendapatkan pengalaman mistis yang cukup seram seperti suara gaduh perang dan beragam penampakan makluk gaib. Salah satu legenda yang sangat terkenal adalah Pasar Dieng. Dimana pasar ini merupakan pasar makhluk gaib dan bisa dikunjungi oleh manusia. Kalau sudah masuk jangan sampai tersesat. Nyawa taruhannya bila anda lengah.

6. Gunung Arjuno
Beralih ke Jawa Timur, tepatnya di kota Malang ada sebuah gunung tinggi yang terkenal angker dan memiliki spot yang berbahaya saat dilewati.

suka-mendaki-inilah-8-gunung-terangker-di-Indonesia
Sumber gambar: tempo.co

Spot itu bernama 'Alas Lali Jiwo' (baca: hutan lupa jiwa). Bagi pendaki yang melintas diharapkan untuk selalu fokus dan jangan pernah mengeluh ataupun memaki. Konsekuensinya adalah menghilang di tengah hutan.

7. Gunung Latimojong
Sekarang kita beranjak ke Indonesia bagian Timur ke Gunung Latimojong yang berada di wilayah di Kabupaten Lawu, Sulawesi Selatan.

suka-mendaki-inilah-8-gunung-terangker-di-Indonesia
Sumber gambar: makassarguide.com
Gunung ini lekat dengan cerita Hantu Poppo yang suka mencari korban di malam hari. Bagi para pendaki ataupun yang tengah berkemah diharapkan selalu waspada bila mendengar suara 'Pok...pok...pok' berkali-kali dan intervalnya semakin sering itu pertanda bahwa dia sudah dekat dengan anda.

8. Gunung Rinjani
Gunung yang terakhir ini sudah terkenal sampai mancanegara karena keindahan alam dan pegunungannya.

suka-mendaki-inilah-8-gunung-terangker-di-Indonesia
Sumber gambar: blog.hulaa.com
Tapi dibalik semua keindahan tersebut beragam cerita mistis menghiasi gunung ini. Salah satu penunggu yang patut anda waspadai adalah Ratu Enji dan bangsanya di Segara Anak. Penghuni gaib ini bakal marah dan menggangu bila anda berbuat hal-hal yang negatif.
Sumber: Kaskus.co.id
Diberdayakan oleh Blogger.