Info Terbaru
recent

6 Langkah Cerdas Mengolah Buah Yang Masam

mengolah buah yang masam, cara pengolahan buah yang kecut, mengolah buah yang asam

IDNPortal.com - Tidak jarang buah yang masam (sepat/ kecut) kurang diminati dikarenakan rasanya yang kurang bersahabat di lidah konsumen.


6-langkah-cerdas-mengolah-buah-yang-masam
Buah Masam via jendelaberita.com
Namun ada 6 langkah pengolahan cerdas yang dapat anda lakukan untuk membuat buah tersebut enak untuk dinikmati.

6 Langkah Cerdas Mengolah Buah Yang Masam



Olah jadi Selai

Buah-buah dengan rasa masam kecut misalnya buah nanas, stroberi dan mangga cocok sekali untuk dijadikan Selai. Olahan buah ini mampu bertahan lama dari pembusukan ketika disimpan. Cara mengolahnya cukup gampang. Daging buah dicampur dengan gula dimasak dengan perbandingan 1:1 atau 2:1, tergantung pada selera anda. Anda juga bisa menambahkan air lemon dan juga pectin dalam campuran selai.


Buat jadi manisan

Sama halnya dengan mangga, buah-buah lain seperti salak dan kedondong yang rasanya masam dapat anda jadikan manisan. Daging buah diiris tipis dan dicampur dengan gula pasir. Campuran tersebut disimpan semalaman atau beberapa hari sampai daging buah menjadi lunak. Untuk menambah cita rasa pedas dapat ditambahkan irisan/ bubuk cabe.


Jadikan Rujak Buah

Sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia kalau buah-buah yang asam biasanya dijadikan rujak yang biasanya dicampur dengan bumbu kacang plus cabai rawit. Selain dijadikan rujak, buah yang masam dapat dijadikan salad dengan tambahan susu, keju dan mayonese.


Buat Jadi isian kue

Buah asam juga bisa menjadi isian kue atau pie. Dalam pembuatannya daging buah dicampur dengan gula beserta dengan kayu manis, masak hingga lunak dan campurkan dalam pie atau crepe. Bila dijadikan untuk campuran puding juga oke.


Olah jadi sambal

Anda pasti sudah pernah kan menyantap sambal mangga. Seperti halnya mangga, buah semacam apel, nanas dan kedondong yang rasanya asam juga bisa dijadikan sambal. Sajikan bersama lauk, sayur dan juga nasi yang masih panas. Dijamin anda akan suka dengan kesegarannya.


Olah Jadi Setup Buah

Olahan semacam ini biasanya dilakukan pada acara pesta atau resepsi. Gula dimasak dengan air (perbadingan 1:3 atau sesuai selera anda) kemudian ditambahkan kayu manis dan juga cengkeh. Setelah air gula mendidih tambahkan potongan buah yang sudah dipotong kotak. Aduk secara rata dan masak selama dua menit. Angkat dan sajikan dalam keadaan panas atau dicampur dengan es batu.

Baca juga:
4 cara agar kaos kesayangan tahan lama
5 gaya rambut mengatasi kebotakan dini
10 tips untuk mengatur keuangan
3 cara menghilangkan label harga yang bandel
Diberdayakan oleh Blogger.