Info Terbaru
recent

10 Tips Dalam Mengatur Keuangan

hemat, tips hemat, langkah hemat, bagaimana bisa hemat, cara hemat, tips mengatasi bokek

IDNPortal.com - Jika mau jujur mengenai keadaan keuangan, terkadang kita tidak mempunyai uang sampai akhir bulan bahkan ada juga yang pertengahan bulan sudah mengalami krisis.


10-tips-dalam-mengatur-keuangan

Krisis itu terjadi karena kita tidak bisa mengatur keuangan dengan baik. Jika anda ingin keluar dari permasalahan tersebut, silahkan ikuti langkah hemat yang ada di bawah ini.


10 Tips Dalam Mengatur Keuangan



1. Buat list belanja

Coba buat list/daftar belanja yang ingin anda beli dalam sebulan. cara ini akan memberikan membuat anda menyeimbangkan antara pemasukan dengan pengeluaran anda.


2. Jangan anggap remeh pengeluaran kecil

Pengeluaran kecil biasanya dianggap remeh tapi jika terlalu sering anda keluarkan maka hasilnya di akhir bulan anda bakal krisis/ bokek. Solusinya adalah segera membuat skala prioritas dalam daftar belanja anda.


3. Jangan di akhir bulan

Setelah anda melihat, mencatat dan memperhitungkan kebutuhan yang paling utama yang akan anda keluarkan, sebaiknya sisihkan gaji anda 10-25 persen pada awal bulan dan berkomentlah agar tidak menggunakannya kecuali ada keadaan genting/darurat.


4. Katakan 'no' terhadap hutang

Hutang bisa mengakibatkan keuangan anda terjerat. Kecuali kalau anda ingin membeli rumah atau kendaraan sebagai investasi atau kegiatan operasional.


5. Cari uang tambahan

Pendapatan tambahan merupakan solusi bagi keuangan anda yang tidak mencukupi. Anda bisa membuat usaha kecil-kecilan yang bisa menghasilkan dalam waktu singkat.


6. Hematlah pulsa dan internet

Pengeluaran yang membengkak bisa terjadi karena pemakaian kuota atau paket yang tidak terkontrol.


7. Ada promo dan diskon manfaatkan

Biasanya pada awal atau akhir bulan terdapat diskon. Manfaatkan hal tersebut agar keuangan anda tidak krisis. Tapi hati-hati jangan belanja terlalu banyak walaupun sedang diskon, Ingatlah pada skala prioritas belanja anda.


8. Barang bekas kenapa tidak

Barang bekas tidak masalah anda gunakan apalagi dalam kondisi perawatan yang baik. Tidak perlu malu dan khawatir mengenai hal itu.


9. Irit mengenai uang makan

Anda yang suka sekali nongkrong, hobi kuliner, suka nyemil bakal cepat krisis keuangan kalau dihabiskan hanya untuk membeli makanan. Cobalah untuk mengirit dan mengontrol hal ini.


10. Jangan hindari investasi

Apabila keuangan anda sudah bisa anda kontrol dengan baik. Tidak ada salahnya anda menginvestasikan uang anda dalam bentuk emas, rumah atau membuka usaha

Diberdayakan oleh Blogger.